Flash Tutorial, Cara Membuat Mata Karakter Mengikuti Cursor



Bagi yang pengen bikin mata karaternya mengikuti pergerakan mouse atau cursor pada project Flashnya disinilah saya akan menjelaskan carannya. Langsung aja deh.

1Pertama-tama kalian harus menggambar mata seperti contoh yang ada dibawah. Convert gambar mata menjadi Movie Clip dengan cara “Klik kanan pada mata => pilih Convert to Symbol… ” atau bisa dengan Hotkey “F8”. Ubah instance name mata menjadi eye1 dan buat satu mata lagi dengan cara yang sama dan beri nama eye2. Lalu drag eye1 dan eye2 ke tubuh karakter yang kalian buat.

Mata yang sudah di Convert jadi MovieClip


Ubah Instance mata menjadi "eye1" dan "eye2"

Drag kedua mata ke bagian wajah karakter


2.Sekarang kita sudah punya mata selanjutnya mari kita buat supaya pupil mata bisa mengikuti mouse. Ide dari step ini adalah untuk memutar pupil mata sesuai posisi mouse. Untuk melakukan itu kita harus menentukan sudut dari pupil mata ke posisi mouse dan memutarnya. Untuk mendapatkan sudutnya kita akan menggunakan fungsi atan2 pada Flash. Dengan itu kita akan mendapatkan posisi Y dan X pada mouse.


  1. radians1 = Math.atan2(a1, b1);

3.Sudut yang didapatkan melalui Fungsi atan2 masih berupa Radian. Untuk mengubahnya ke Sudut Derajat kita menggunakan Kode ini :


  1. degrees1 = radians1 / (Math.PI / 180);

4.Sekarang untuk membuat pupil mata berputar dengan sudut derajat yang sudah didapatkan :


  1. eye1.rotation = degrees1;

5.kalau ingin mengganti tampilan mouse atau cursor bisa menggunakan kode ini:

  1. Mouse.hide();
  2. cookie.x = mouseX;
  3. cookie.y = mouseY;
6.malas ngetik kode? tenang disini saya udah script lengkapnya :

  1. stage.addEventListener("mouseMove", eyesFollow); kue.visible = false; //Script Untuk Rotate Mata function eyesFollow(e:MouseEvent):void { var a1 = mouseY - eye1.y; //"eye1" merupakan mata kiri var b1 = mouseX - eye1.x; var radians1 = Math.atan2(a1,b1); //mencari posisi cursor var degrees1 = radians1 / (Math.PI / 180); //mengubah Radian ke Derajat eye1.rotation = degrees1; //membuat mata berputar mengikuti mouse var a2 = mouseY - eye2.y; //"eye2" merupakan mata kanan var b2 = mouseX - eye2.x; var radians2 = Math.atan2(a2,b2); var degrees2 = radians2 / (Math.PI / 180); eye2.rotation = degrees2; //Script Untuk Cursor Mouse.hide(); //untuk menyembunyikan cursor asli kue.visible = true; //"kue" merupakan gambar yang mau dijadikan cursor kue.x = mouseX; kue.y = mouseY; }
Selamat berkreasi dan jika ada pertanyaan seputar tutorial ini kalian bisa sampaikan di komentar dibawah ini.

Related Posts:

0 Response to "Flash Tutorial, Cara Membuat Mata Karakter Mengikuti Cursor"

Post a Comment